Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Blawan Bondowoso. Terletak di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, air terjun ini adalah air terjun yang masih alami dan merupakan terusan / hilir dari Kali Pait. Uniknya air terjun Blawan berwarna kekuning-kuningan. Hal tersebut disebabkan karena destinasi wisata yang dekat dengan kawah ijen Banyuwangi ini merupakan sisa pembuangan air dari kawah Ijen yang notabene banyak mengandung Belerang juga dikelilingi oleh tumbuhan makademia dan lumut pada tebing-tebingnya

Air Terjun Blawan Bondowoso

Daftar Isi

Air Terjun Blawan Dekat Ijen

Dengan tinggi kurang lebih 30 meter dari permukaan tanah, air terjun Blawan memiliki debet air yang sangat besar, sehingga ketika air jatuh ke dasar air terjun menimbulkan suara yang sangat bergemuruh. Sampai-sampai ketika kita berbicara dengan teman pada saat berada disekitar air terjun ini kita harus mengencangkan suara.

Keunikan lain dari air terjun Blawan Bondowoso adalah air yang jatuh ke dasar tidak langsung menganak sungai seperti air-air terjun kebanyakan, namun langsung masuk ke dalam tanah dan muncul lagi dikawasan Asembagus, Kabupaten Situbondo kemudian diteruskan menuju Laut Jawa.

Untuk dapat menyaksikan atau menikmati air terjun ini pengunjung hanya bisa melihat dari sisi kanan saja, karena disisi lainnya dari kawasan air terjun ini merupakan tebing-tebing yang menjulang tinggi. Untuk sampai ketempat air terjun pun juga sangat menantang, dengan melewati jalan naik turun tangga diantara 2 tebing, pengunjung diharapkan membawa payung serta sandal gunung karena disamping jalan licin karena terdiri dari tanah dan bebatuan berlumut, pada saat kita di air terjun tentu saja badan kita akan basah terkena cipratan air dari air terjun. Sesampainya di lokasi air terjun pun kita masih harus menuruni tangga dengan kisaran waktu 10 menit untuk sampai dibawah.

Rute Dan Tiket Masuk Air Terjun Blawan Bondowoso

Untuk mendatangi lokasi air terjun Blawan Bondowoso bisa ditempuh dari Kota Bondowoso ke desa Kalianyar, Kecamatan Sempol dengan jarak sekitar 54 km. Jalan yang dilalui pun penuh dengan rintangan, karena jalannya tidak semulus seperti jalan-jalan kota. Kita akan melewati jalan yang rusak, naik turun bukit serta jalan yang berkelok-kelok ciri khas pegunungan.

Akan tetapi dalam perjalanan, kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam nan sejuk, juga perkebunan teh dan kopi seperti halnya kawasan puncak di Bogor.

Air Terjun Blawan termasuk dalam kawasan perkebunan kopi Blawan (PTPN XII). Berjarak sekitar 52 km dari Kota Bondowoso, sudah bisa di akses dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Setelah memasuki pintu masuk dan membayar karcis di loket, anda masih harus berjalan sepanjang kira-kira 100 meter di jalanan naik turun yang berundak-undak.

Untuk alternatif lain kita bisa melalui jalan menuju ke Kawah Ijen via Bondowoso. Lalu sesampainya di Cafe Ijen, lanjutkan perjalanan kira-kira 30 menit sampai melewati Kecamatan sempol, dan dilanjutkan menuju Perkebunan Blawan. Dari situ anda akan menemui marka atau papan penunjuk jalan menuju ke Air Terjun Blawan Bondowoso.

Bila anda menggunakan kendaraan umum, dari Kota Bondowoso naik angkutan umum menuju Sempol, dari Sempol naik ojek menuju PTPN XII. Memasuki Air Terjun Blawan, anda cukup membayar sebesar Rp.2000,-

Jika anda tertarik mengunjungi air terjun Blawan Bondowoso, dan juga paket wisata banyuwangi lainnya, silakan menghubungi kontak kami.

Liburanbromomurah.comAir Terjun Blawan Sekitar Ijen

Baca Juga :

Air Terjun Blawan Bondowoso
5 (100%) 6 vote[s]